The Analysis of Factors Affecting the Profit Response Coefficient Earnings Persistence; Earnings Response Coefficient; Firm Size; Growth Opportunity; Social Responsibility; Systematic Risk Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis ukuran perusahaan, kesempatan bertumbuh, persistensi laba, risiko sistematik, dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai faktor yang mempengaruhi koefisien respon laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2016 yaitu sebanyak 122 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 60 unit analisis. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan, laporan tahunan, harga saham penutupan dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesempatan bertumbuh, persistensi laba dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap koefisien respon laba sedangkan ukuran perusahaan dan risiko sistematik tidak berpengaruh terhadap koefisien respon laba. Simpulan pada penelitian ini yaitukesempatan bertumbuh dan tingkat persistensi laba yang tinggi serta pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan dapat meningkatkan respon pasar terhadap publikasi laba.
ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze firm size, growth opportunities, earnings persistence, systematic risk, and corporate social responsibility disclosure as a factors that affecting earnings response coefficient. The population in this study is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for 3 years consencutively from 2014 until 2016 that was 122 companies. By using purposive sampling method, 60 unit sampels were chosen for sampel in this observation. This study uses secondary data in the form of financial statements, annual reports, closing stock prices and Composite Stock Price Index (CSPI). The analytical technique used multiple linear regression analysis. The results showed that growth opportunity, earnings persistence and corporate social responsibility disclosure have a significant positive effect on earnings response coefficient while firm size and systematic risk does not affect the earnings response coefficient. The conclusions of this research is growth opportunity, earnings persistence and corporate social responsibility disclosure increasing market response when firm published their earnings.